Pages

Monday, January 31, 2011

Kenapa Pagerank

Saya newbie dalam dunia blogger. Banyak hal yang dipelajari baik dari tulisan-tulisan blogger lain atau langsung menanyakan ke temen-temen blogger. Banyak istilah atau kata-kata yang saya gak tahu maksudnya, mulailah pencarian untuk mengetahuinya. Satu kata yang menarik adalah pagerank. Apa itu pagerank? Untuk apa, bagaimana dan oleh siapa pagerank digunakan?

Pagerank merupakan salah satu fitur yang dimiliki mesin pencari google. Kalau bisa dimisalkan adalah sebuah index yang dimiliki suatu web. Hal ini membuat pencarian dengan google semakin cepat. Dengan pagerank suatu halaman web akan diketahui tingkat akses web tersebut. Dengan pagerank yang bagus akan semakin baik google mencari (pada baris pertama atau halaman pertama).

Artinya pagerank jadi sebuah gengsi bagi pemilik web dan juga memiliki nilai ekonomis. Kenapa? Dunia internet merupakan media yang banyak diakses orang tanpa batas ruang dan waktu. Semakin banyak media diakses orang, semakin bernilai media tersebut. Lihat saja tv yang banyak ditonton orang (tentunya yang mempunyai acara-acara yang bagus), iklannya pasti banyak. Bayangkan kalau kita yang perseorangan (bukan kelas perusahaan) punya iklan yang banyak dari blog kita, tidurpun akan menghasilkan uang.

Lalu bagaimana buat pagerank tinggi (nilai 10 poin dari range 0-10)? Saya sendiri belum punya pengalaman sendiri untuk hal ini. Tapi dari beberapa artikel yang saya baca dan diskusi dengan teman-temen yang lebih expert, intinya adalah kita rajin menulis artikel yang menarik. Usahakan dalam sebulan 1 artikel, bagus lagi 1 artikel 1 hari atau bahkan 1 artikel selama 5 jam. Ini tergantung semangat dan motivasi. Sambil rajin menulis, usahakan berpromosi dengan mengirimkan email atau chat ke teman2, atau membuat komentar pada website yang sudah bagus, atau dengan membuat tautan. Klo udah expert ada tools yang bisa digunakan di webmaster google.

2 comments:

  1. Wah mulai merambah dunia blog nih mas? smoga sukses!

    ReplyDelete
  2. Lagi Belajar De... Ada usul gak? Blog Dede bagus. Saya harus banyak belajar nih sama masternya.

    ReplyDelete